Minggu, 10 November 2013

software blender dan kasus yang akan dibuat

sekarang pembuatan animasi sudah banyak mengalami kemajuan dari dulu menggunakan software 2 dimensi sekarang sudah menjadi 3dimensi membuat gambar lebih tajam serta nyata banyak sekali software yang dapat membuat aplikasi semacam ini ad 3ds max, blender dan lain sebagainya sotware seperti iti banyak sekali bertebaran di internet kita dapat mendownloadnya dengan mudah disini saya akan membahas salah satu software untuk membuat animasi 3d yaiut blender yang merupakan software yang saya gunakan untuk membuat projek animasi saya, terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang sejarah bender berikut sejarahnya :
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal.

Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.

Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.

Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. 
didalam software tersebut terdapat fitur fitur yang membuat kita dapat membuat animasi yang nyata berikut adalah berbagai fitur didalam blender, blender juga merupakan saoftware yang memiliki licensi gratis bagi para penggunanya jadi setiap orang yang akan mendownloadnya tidak akan kesulitan dan tutorial tentang berbagai cara membuat objek di blender pun banyak didapat di internet bagi kalian yang menyukai pembuatan animasi bisa memilih blender sebagai software yang digunakan:
·         Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon, permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan; Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
·         Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan Bone; B-splines interpolated tulang
·         Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi, pemutaran Audio; sistem kendala animasi
·         Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut, vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah untuk penyaji eksternal
·         UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta UV
·         Shading: membaur dan shader specular; Node editor; hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
·         Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
·         Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan; filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
·         Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika; Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak, bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika; Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
·         Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP), Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
·         Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan penciptaan cepat dan efisiens .
·         Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh dunia
·         Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
sebenarnya masih banyak software yang dapat membuat animasi 3d tapi saya hanya membahas tentang blender berikut projek yang akan saya buat.

projek yang akan dibuat:
disini saya akan membuat animasi tentang 2 kereta yang akan bertabrakan karena kesalahan jalur kemudian kereta yang berada di jalur berlawanan memasuki jalan persilangan agar terhindar dari benturan yang keras, saya membuat animasi ini terinspirasi dari sebuah film berjudul unstopable , pertama saya akan membuat rel keretanya dulu dan rel jalur persilangan kemudian gambar objek kereta pertama dan kedua.

referensi:


·       http://dunovteck.wordpress.com/2010/05/27/blender/
·      http://infotechnologi.com/blender-2-61-software-opensource-gratis-untuk-menciptakan-konten3d.html
  www.blender.org

1 komentar:

  1. Is This Review the Most Authentic GAMES I've Ever Played?
    How do I play gamedev slots? — There are some other great games like slots and casino games but I was unable to find youtube mp4 any of the ones with good

    BalasHapus