sekarang pembuatan animasi sudah banyak
mengalami kemajuan dari dulu menggunakan software 2 dimensi sekarang sudah
menjadi 3dimensi membuat gambar lebih tajam serta nyata banyak sekali software
yang dapat membuat aplikasi semacam ini ad 3ds max, blender dan lain sebagainya
sotware seperti iti banyak sekali bertebaran di internet kita dapat
mendownloadnya dengan mudah disini saya akan membahas salah satu software untuk
membuat animasi 3d yaiut blender yang merupakan software yang saya gunakan
untuk membuat projek animasi saya, terlebih dahulu saya akan menjelaskan
tentang sejarah bender berikut sejarahnya :
Pada tahun 1988 Ton
Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan
NeoGeo. NeoGeo adalah berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi
terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton
Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab
atas pengembangan software internal.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang ditelan waktu begitu saja, Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah tersu mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License.
didalam
software tersebut terdapat fitur fitur yang membuat kita dapat membuat animasi
yang nyata berikut adalah berbagai fitur didalam blender, blender juga
merupakan saoftware yang memiliki licensi gratis bagi para penggunanya jadi
setiap orang yang akan mendownloadnya tidak akan kesulitan dan tutorial tentang
berbagai cara membuat objek di blender pun banyak didapat di internet bagi
kalian yang menyukai pembuatan animasi bisa memilih blender sebagai software
yang digunakan:
·
Model: Obyek 3D tipe, termasuk jerat poligon,
permukaan NURBS, Bezier dan kurva B-spline; multiresolusi patung kemampuan;
Modifier stack deformers; model Mesh; Python Scripting
·
Rigging: Skeleton kode ciptaan; Skinning; lapisan
Bone; B-splines interpolated tulang
·
Animasi: animasi editor non-linear; Vertex framing
kunci untuk morphing, animasi Karakter berpose editor; deformers animasi,
pemutaran Audio; sistem kendala animasi
·
Rendering: raytracer inbuilt; oversampling, blor
gerak, efek pasca produksi, ladang, non-square pixel, lapisan Render dan
melewati; Render baking ke peta UV, Efek termasuk halo, suar lensa, kabut,
vektor motion-blur proses pasca- , dan proses pasca-defocus; Ekspor naskah
untuk penyaji eksternal
·
UV unwrapping: Laurent dan metode Berdasarkan Sudut
unwrapping; unwreapping berdasarkan jahitan; falloff proporsional mengedit peta
UV
·
Shading: membaur dan shader specular; Node editor;
hamburan Bawah, shading Tangent; peta Refleksi
·
Fisika dan Partikel: sistem Partikel dapat dilampirkan
ke mesh objek; simulator Fluida; solver Realtime tubuh lembut
·
Imaging dan Komposisi: multilayer OpenEXR dukungan;
filter node komposit, konverter, warna dan operator vektor; 8 mendukung
prosesor; sequencer realtime dekat; Bentuk gelombang dan U / V menyebar plits
·
Realtime 3D/Game Penciptaan: editor grafis logika;
Bullet Fisika dukungan Perpustakaan; jenis Shape: polyhedron Convex, kotak,
bola, kerucut, silinder, kapsul, majemuk, dan mesh segitiga statis dengan mode
auto penonaktifan; tabrakan Diskrit; Dukungan untuk kendaraan dinamika;
Mendukung semua modus pencahayaan OpenGL; Python scripting; Audio
·
Lintas Platfrom dengan GUI OpenGL seragam pada semua
Platfrom ,siap untuk digunakan untuk semua versi windows (98, NT, 2000, XP),
Linux,OS X , FreeBSD, Irix, SUN dan berbagai Sistem Oprasi lainnya .
·
Kualitas tinggi arsitektur 3D yeng memungkinkan
penciptaan cepat dan efisiens .
·
Lebih dari 200.000 download (pengguna) dari seluruh
dunia
·
Diekseskusi berukuran kecil, dan distribusi rendah
sebenarnya masih banyak software yang dapat membuat
animasi 3d tapi saya hanya membahas tentang blender berikut projek yang akan
saya buat.
projek yang akan dibuat:
disini saya akan
membuat animasi tentang 2 kereta yang akan bertabrakan karena kesalahan jalur
kemudian kereta yang berada di jalur berlawanan memasuki jalan persilangan agar
terhindar dari benturan yang keras, saya membuat animasi ini terinspirasi dari
sebuah film berjudul unstopable , pertama saya akan membuat rel keretanya dulu
dan rel jalur persilangan kemudian gambar objek kereta pertama dan kedua.
referensi:
· http://dunovteck.wordpress.com/2010/05/27/blender/
· http://infotechnologi.com/blender-2-61-software-opensource-gratis-untuk-menciptakan-konten3d.html
www.blender.org
Is This Review the Most Authentic GAMES I've Ever Played?
BalasHapusHow do I play gamedev slots? — There are some other great games like slots and casino games but I was unable to find youtube mp4 any of the ones with good