Senin, 20 Mei 2013

analisa dan komparasi website melalui metodologi efektivitas


Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang komparasi website universitas indonesa dengan institut teknologi bandung melalui metodologi efektivitas.

Efektivitas dalam sebuah website sendiri berarti memberi kemudahan bagi pengunjung website agar memudahkan menggunakan apa saja fitur yang ada pada website yang dikunjungi, seperti pencarian data, link-link yang ada, dan lain-lain. Tata letak juga memainkan peranan yang penting pada aspek ini. Tata letak sangat bergantung dari kreativitas perancang antarmuka. Tata letak sebaiknya disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah aplikasi.

Kali ini saya akan membahas tentang 2 website universitas yang amat terkenal di indonesia antara lai universitas indonesia dan institut teknologi bandung 

1.       Institut teknologi bandung
Dalam websitenya menurut saya kurang efektiv dari segi tata letaknya sedikit memusingkan tetapi dari kemudahan aplikasinya sangat efektif dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengakses situs ini ada berbagai aplikasi yang dapat digunakan dengan mudah didalam website ini. seperti memuat tentang informasi tentang itb, fakultas apa saja yang ada di itb, fasilitas dan kegiatan akademiknya, Link yang tersedia di website ini pun sangat mudah untuk digunakan dan efektif.
.


 2.     universitas indonesia 
Dalam website yang dimiliki oleh ui ini dari tata letak dan kemudahan penggunaanya sangat efektif didalam website milik ui tata letaknya tidak rumit dan  penggunaan aplikasinya pun tidak sulit seperti ada aplikasi cari cepat yang berisi tentang informasi jurusan yang ada pada universitas indonesia. Ada juga tentang universitas indonesia sendiri, ada sentuhan multimedia dalam website ini yang memuat tentang pengenalan budaya korea terhadap indonesia.





Kesimpulanya ke dua website tersebut sangat efektif tetapi  website universitas indonesia lebih bagus ketimbang website institute teknologi bandung karena dari segi efektifitasnya ui lebih efektif dari segi tata letak, aplikasi-aplikasi yang digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar