Senin, 15 April 2013

analisa dan komparasi website dari parameter Efektivitas


Pada tugas kali ini saya akan melakukan analisa dan komparasi suatu website dari parameter efektivitas.parameter yang digunakan sebagai penilain tentunya sangat banyak sekali tapi saya hanya membahas paramter penilaian website dari segi EFEKTIVITAS.
 Suatu website harus memiliki kemudahan bagi pengunjung untuk menggunakan fitur-fitur pada website yang di kunjungi, seperti mencari data, menggunakan berbagai aplikasi yang ada tanpa kesulitan.
Efektivitas dalam sebuah website sendiri berarti memberi kemudahan bagi pengunjung website agar memudahkan menggunakan apa saja fitur yang ada pada website yang dikunjungi, seperti pencarian data, link-link yang ada, dan lain-lain. Tata letak juga memainkan peranan yang penting pada aspek ini. Tata letak sangat bergantung dari kreativitas perancang antarmuka. Tata letak sebaiknya disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah aplikasi.
Disiini saya akan membahas analisa dan  komparasi pada sebuah website dan saya menganalisa dari situs yang yang ada di universitas tempat saya belajar yang pertama adalah BAAK.gunadarma.ac.id, dan library.gunadarma.ac.id menurut hasil analisa saya pada ke dua website milik universitas gunadarma ini.
1.      Baak.gunadarma.ac.id

    website gunadarma ini memuat banyak informasi tentang perkuliahan yang ada di universitas gunadarma, menurut saya website ini sangat efektiv dalam memudahkan pengunjung website ini untuk mencari informasi data tentang perkuliahan, kelas, kalender akademik,  informasi mahasiswa baru dan juga informasi tentang jurusan dan fakultasnya pengunjung dapat dengan mudah mencari informasi tentang fakultas, kelas dan mahasiswa dengan mengakses situs ini, jadi website ini sangat memenuhi syarat dalam kriteria penilaian dari sparameter Efektivitas.



2.      Library.gunadarma.ac.id

Website ini berisi tentang perpustakaan yang ada di universitas gunadarma website ini pun sangat efektiv bagi pegunjung untuk menggunakan aplikasinya seperti pencarian datanya, pencarianya pun cepat didalam website ini terdapat informasi tentang buku baru yang masuk di perpustakaan universitas gunadarma, di website ini juga terdapat link-link yang memudahkan kita untuk mencari website gunadarma yang lain,seperti, baak, lepKom, comunity gunadarma, ug studentsite dan lain-lain, kita juga bisa melihat-lihat buku apa saja yang ada di perpustakaan dengan menggunakan fitur katalog buku . jadi sebelum meminjam buku kita bisa lihat dahulu apa buku tersebut tersedia atau tidak. Website ini pun sangat memenuhi kriteria penilaian dari segi efektivitas.
Kesimpulan dari analisis dan komparasi website yang saya lakukan dari segi ke efektivitasnya ke dua website ini sangat efektiv dan sangat memudahkan bagi para pengunjung untuk menggunakan fitur fitur yang ada tanpa mengalami kesulitan menggunakanya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar